Baliku tersenyum

​Waktu adalah…

Terlalu lambat bagi mereka yang menunggu,

Terlalu cepat bagi mereka yang takut,

Terlalu lama bagi mereka yang berduka,

Terlalu pendek bagi mereka yang bergembira,

Tapi bagi mereka yang jatuh cinta,

Waktu itu tidak ada
Sebuah ungkapan jiwa dari seorang penulis yang mewakili ungkapan hati bagi manusia-manusia yang merasakannya. Khususnya ketika jatuh cinta. Kepada siapa, kepada apa, kapan terjadinya, bagaimana akhir kisah jatuh cintanya. Semuanya mengalami proses seiring berjalannya waktu.
Begitupula bagi mereka yang jatuh cinta ke salah tujuan wisata yang sangat terkenal di Indonesia, Pulau Bali. Bali dengan ibukotanya adalah Denpasar, telah banyak membuat orang jatuh cinta kepadanya. Panorama keindahan alamnya, keramahtamahan masyarakat lokalnya, dan nilai budaya yang ada di Bali sangat erat dengan nilai-nilai spiritual masyarakatnya yang mayoritas beragama Hindu (Bali).

Bali pernah mengalami duka yang ditangisi banyak manusia di muka bumi. Tidaklah perlu diingat kembali apa kejadian yang menimpa di Pulau Dewata nan elok tsb. Namun, yang perlu dicatat bersama bagi mereka yang pernah kesana, atau yang saat ini sedang berada di Pulau Bali, bahkan mereka yang akan merencanakan kesana, banyak hal yang sudah berubah di Bali, lebih indah, lebih ramai, lebih elok dan yang pasti lebih damai bagi mereka yang mencari penghiburan untuk berwisata dan melupakan sejenak penat rutinitas selama ini. Bali telah kembali tersenyum dan menyapa semua orang yang mengunjunginya, karena Bali telah melupakan duka yang telah dialaminya. 
Membahas waktu yang telah terbuang adalah buang-buang waktu. Bali -ku tersenyum, akupun bahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s