Pilihan hidup

Hidup tanpa kebebasan, ibarat tubuh tanpa nyawa. Kebebasan tanpa fikiran adalah ruh yang terlaknat. Hidup, kebebasan dan fikiran adalah tiga inti dalam satu wujud yang kekal. Tak akan hancur atau mati.

Ketika seseorang hendak melakukan suatu tindakan, maka tidak ada pilihan kecuali menelitinya, dan sejauh kemampuan yang dimiliki harus berkontemplasi dan berfikir, menggunakan kekuatan yang Tuhan telah berikan, apakah akan melakukan tindakan tsb atau tidak?

Pada saat tidak dapat mencapai suatu kesimpulan, maka meminta nasihat orang lain dan menyerahkan keputusannya bersandar pada nasihat orang-orang, yaitu orang-orang yang mampu memberikan nasihat dan memiliki kemampuan untuk membedakan yang baik dan buruk. Nasihat itu bagaikan samudra luasnya. Tak berujung hanya mampu terlihat sampai batas cakrawala.

Nasihat yang diterima haruslah bersandar pada pemikiran rasional untuk mendapatkan suatu kesimpulan apakah akan melakukan tindakan tsb atau meninggalkannya. Apabila jalan meminta nasihat dari orang lain tidak menghasilkan, maka seseorang tidak mempunyai pilihan lain kecuali memohon kepada Tuhannya demi harapan atas bimbingan -Nya kepada apa yang benar-benar terbaik baginya. 

Kerisauan menentukan pilihan ini sering terjadi pada pasangan yang akan melewati fase kehidupan yang lebih lanjut, yaitu sebuah pernikahan. Pernikahan adalah pilihan antara kehidupan dan kematian, di dalamnya tidak tersimpan pilihan antara setengah hidup atau setengah mati.

Berfikirlah dengan ketenangan, rasakan dalam kedamaian, dan pilihlah jalan hidup yang terbaik atas dasar kesadaran. Jika ternyata pilihan tsb bukanlah yang terbaik, setidaknya di hadapan Tuhan sudah ada nilai atas niat melakukan kebaikan. Menikah adalah perwujudan dari sebuah niat baik.

Hal-hal terbaik di dunia ini tidak bisa disentuh dengan jari, namun harus dirasakan dengan hati – Helen Keller

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s