Bersihkan hatimu!

Semua manusia di dunia ini adalah tertidur. Agama mereka adalah agama dari dunia yang dikenalnya yaitu kekosongan, bukan agama sama sekali. Orang-orang yang kenyang dengan dirinya adalah karena kelaparan terhadap sesuatu yang lain. Karena itu mereka lapar. Mereka yang berpaling dari perbuatan salah adalah orang-orang yang bersembahyang, bukannya mereka yang hanya kelihatan membongkok dalam sembahyang. Sembahyang adalah sesuatu kegiatan.

Banyak orang mempraktekkan kebajikan atau bergabung dengan orang-orang besar dan arif, percaya bahwa ini adalah untuk mengejar perbaikan diri. Mereka tertipu. Atas nama agama, beberapa dari tindakan-tindakan barbar yang paling buruk telah dilakukan. Dalam mencoba untuk berbuat kebaikan, manusia telah melakukan beberapa hari perbuatan-perbuatannya yang lain buruk.

Cacat itu timbul dari asumsi yang mustahil bahwa hubungan dengan sesuatu yang bernilai saja akan membawa suatu keuntungan yang sesuai bagi individu yang tak berubah. Lebih banyak lagi yang perlu. Manusia jangan hanya berhubungan dengan yang baik, manusia harus berhubungan dengan suatu bentuk kebaikan yang mampu mentransformasikan fungsinya dan menjadikan manusia yang baik. Seekor keledai yang dikandangkan dalam ruang perpustakaan tidak akan bisa membaca dan menulis.

Kesukaran besar akan dihadapi oleh seseorang yang tidak kenal kepada Tuhannya. Orang beriman adalah seseorang yang bersih hatinya terhadap keesaan Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s